Senin, 13 November 2017

VIVA FACTORY VISIT AT PT. VITAPHARM SURABAYA WITH SURABAYA BEAUTY BLOGGER (EVENT REPORT)

Helloooo Ladies,

Hari ini aku pingin share ke kalian semua tentang pengalamanku berkunjung ke PT. VITAPHARM Surabaya bersama dengan teman2 dari Surabaya Beauty Blogger. PT. VITAPHARM terletak di jl. Panjang Jiwo no 42, Surabaya.



PT. VITAPHARM ini adalah nama company dari Viva Cosmetic. Tentunya kalian udah tidak asing lagi dengan brand lokal yang satu ini ya. Brand yang udah ada sejak jaman mama2 kita dulu dan masih dikenal sampai sekarang ini. Brand ini telah berusia 55 tahun dan bisa dibilang salah satu nenek moyang dari kosmetik lokal kita.



Postingan aku kali ini bakal panjangggg banget karena memang ini beauty event terlama yang pernah aku hadiri. Bisa dibilang kita seharian main2 disana dan ikut banyak kegiatan yang mereka adain untuk para member Surabaya Beauty Blogger dan lifestyle blogger. Jadi biar ngga boring, kalian bisa bikin kopi atau teh dulu, ambil biskuit dan duduk santai sambil baca sharingku selama disana yach. 😁

Jadi beberapa hari yang lalu, aku dan temen2 dari Surabaya Beauty Blogger diundang oleh Viva Cosmetic untuk ikut acara factory visit yang diadain di gedung PT. VITAPHARM yang terletak di jl. Panjang Jiwo no 42 Surabaya.



Seperti yang kalian lihat pada invitation nya, acaranya berjalan hampir seharian dan cukup padat. Kita diminta menggunakan dresscode berwarna pastel dan tiba di tempat paling lambat jam setengah 9 pagi untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.

Berhubung aku barengan sama papa aku yang mau ke kantor, aku agak kepagian datangnya. Sesampai di gedungnya aku cukup amazed karena pabriknya gede bangettt. Sempet bingung acaranya dimana karena di dalam ada beberapa gedung. Akhirnya aku diarahin sama security untuk ke lobby dan sesampai di lobby aku disuruh langsung naik ke lantai 3, karena Vitapharm Hall nya terletak di lantai 3.

Sesampai di lantai 3, aku lihat ada beberapa yang sudah sampai. Gosh, I wasn't not alone 😥. Aku ketemu Claresta dan Fio yang juga udah sampai di tempat. Kita termasuk team kepagian 😂😂😂.



Di lantai 3 tersebut ada 2 meja panjang yang berisi piagam penghargaan yang telah didapat oleh Viva Cosmetic dan jumlahnya ada banyak bangettt. Bahkan mereka juga berhasil mendapatkan penghargaan dari MURI. Amazing!!!













Setelah mengambil beberapa foto diatas, mataku tertuju ke photobooth yang ada di samping pintu masuk Vitapharm Hall. Disebelahnya juga ada atribut2 yang berhubungan dengan beauty dan make up untuk mempercantik foto kita. So, tanpa berlama2 langsung aku minta tolong temenku Claresta untul fotoin. Narciss dulu yach. Mumpung dandanan masih fresh, muka belum minyakan dan rambut belum lepek 😂😂😂








REGISTRATION

Setelah action foto2 di photobooth nya, aku langsung ke meja registrasi yang berada di sisi kanan pintu masuk hall. Kita diminta mengisi nama, alamat, no telp, ig & alamat blog untuk data dan kita diberi satu kupon doorprize.





Begitu selesai melalukan registrasi, aku segera masuk ke Vitapharm Hall yang cukup luas. Disana sudah tersedia beberapa meja & kursi untuk para undangan yang telah di dekor rapi dan cantik dengan atribut warna2 pastel.







Di sudut belakang ada counter yang menjual produk2 skin care & make up dari Viva Cosmetic beserta testernya. Jadi kita bisa mencoba2 dulu lipstick, eyeshadow, dll sebelum membeli produknya.











Kemudian di sisi kiri pintu ada meja untuk meletakan goodie bag yang bakal kita dapat nantinya. Aku makin excited & penasaran dengan isinya 😂😍



Di sudut lain ada satu meja sweet corner yang tertata cantik dan disana kita disediakan kopi, teh dan beberapa snack dengan design yang cute and lovely. Berasa seperti diundang di acara baby shower. Dan buat kita2 yang nggak sempet breakfast, this is a big compliment. Cukup tempting lihat kue2 nya. 😄😄😄











Sekitar pukul 8.30 ruangan mulai ramai, para undangan sudah pada hadir dan beberapa masih mengambil foto2 dan sebagian besar sudah menempati kurai yang sudah dipilih. Aku duduk satu meja dengan Claresta, Fio dan Aiyuki di meja paling depan. Ini salah satu benefit datang kepagian 😁, aku bisa memilih meja yang cukup strategis untuk mengambil foto2 pada saat acara.




OPENING

Tepat pukul 9 pagi, acara dibuka oleh Olivia selaku MC pada hari itu, lalu kita diberi kesempatan untuk mengambil makanan & minuman dari sweet corner sebelum acara resmi dimulai. Aku mengambil secangkir kopi dan beberapa kue karena memang aku belum sempat sarapan pagi 😄. And here's my breakfast at Vitapharm...



Acara dimulai dan Olivia mengajak kita semua untuk berdiri sambil mengajarkan yel-yel beserta gerakannya yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Yel-yel nya adalah :

Aku cantik,
Aku sehat,
Aku bahagia...
😘😘😘



Suasana jadi semakin akrab karena kak Olivia membawakan acara dengan santai, friendly dan bikin kita semua jadi semangat dan ceria.


GET CLOSER WITH VIVA COSMETIC

Setelah mengucapkan yel-yel bersama2, kak Olivia mengundang Bapak Danny Wibisono selaku Marketing Manager PT. VITAPHARM untuk maju ke depan memberikan sambutan dan memimpin acara pertama yaitu "Get Closer with Viva Cosmetic".



Sebagai seorang Manager, Bapak Danny tidak terkesan sombong atau angkuh. Dia sangat santai, low profile dan suka bercanda. Dia ikut mengajak kita mengucapkan kembali yel-yel dengan semangat dan cukup membuat suasana jadi seru banget.



Sebelum beliau memberikan penjelasan tentang company profile dari Viva Cosmetic, kita diputarkan videoclip yang mengupas lengkap sejarah Viva hingga kegiatan2 dan penghargaan2 yang dicapai oleh brand ini.





Beliau juga menjelaskan tentang strategi promosi dan kegiatan2 yang telah dilakukan baik di dalam maupun diluar lapangan. Diantaranya adalah sebagai berikut :



Bapak Danny juga memberikan briefing singkat tentang proses dan kegiatan2 yang akan kita ikuti selanjutnya. Bikin kita semua makin penasaran dan nggak sabar buat liat2 factory nya.

Setelah selesai menjelaskan semua, kita diberi kesempatan untuk bertanya di sesi Q&A. Aku sempat menanyakan tentang expired date dari produk kosmetik dan dijawab dengan sejelas2nya oleh Pak Danny.








NEW PERFECT SERIES LAUNCH

Berikutnya, acara dilanjutkan dengan perkenalan dan penjelasan tentang produk2 terbaru dari Viva Cosmetic oleh Ibu Anna selaku kepala unit promosi PT. Vitapharm. Beliau menjelaskan semua produk yang dimiliki oleh Viva dan memperkenalkan produk terbaru mereka dengan nama Perfect series. Mulai dari lipstick, make up remover, cc foundation, perfect cover dan loose powder. Semuanya dijelaskan secara detail oleh Ibu Anna.



















Beberapa produk dari Viva Cosmetic ini juga berhasil meraih penghargaan, diantaranya :









Viva Cosmetic juga aktif melakukan kegiatan-kegiatan di lapangan dan mengadakan kompetisi2 di bidang kecantikan, diantaranya bisa kalian lihat pada gambar2 berikut :























Selain itu Viva juga memiliki salon kecantikan sendiri yang dikhususkan untuk para wanita sengan nama Viva Beauty Center. Produk2 yang mereka gunakan semua adalah produk dari Viva Cosmetic. Lokasinya ada di 3 kota di Indonesia yaitu di Surabaya, Semarang dan Bekasi.


Bagi yang suka berbelanja online, kalian bisa berbelanja langsung dari official website Viva Cosmetic.

Oya, aku lupa bilang kalo Viva Cosmetic ini punya produk yang dikhususkan untuk remaja dengan nama Red-A Cosmetic. Tentunya kalian juga udah kenal banget sama brand ini kan. Brand yang sering mengadakan acara Deteksi Model Competition ini masih under Viva Cosmetic Company. Untuk website nya bisa kalian lihat di gambar dibawah ini ya.




FACTORY VISIT

Selanjutnya, kita mengikuti acara factory tour yang dipimpin oleh Bapak Teguh untuk melihat proses pembuatan, pengemasan, hingga pengepakan dari produk2 Viva Cosmetic ini. Dan di sesi ini kita tidak diijinkan untuk membawa kamera atau HP untuk mengabadikan keadaan disana. Jadi aku akan jelasin aja ya gimana prosesnya.

Pertama2 kita dibawa ke ruang produksi yang dibagi 2. Ada produksi untuk produk padat seperti lipstick, bedak. Ada pula ruang produksi untuk produk cair seperti cream, lotion, toner, dll. Semua bahan ditempatkan di dalam container2 besar dan diatur suhunya agar tidak rusak. Kita melihat proses ini langsung dari samping melalui kaca  juga dari lantai atas melalui balkon.

Selain proses produksi, ada tahap2 yang harus dilalui, mulai dari tahap sterilisasi, tahap pengisian, tahap penimbangan, tahap pengemasan dan tahap pengepakan. Dan di setiap tahap, semua proses harus melalui quality control process sebelum masuk ke tahap berikutnya.

Semua proses dilakukan dengan teliti dan steril. Bahkan mereka tidak sayang untuk membuang semua produk yang tidak lolos test quality control. Semua produk yang tidak lolos test tersebut dihancurkan dan dibuang. Hanya produk yang lolos test saja yang mereka packing untuk masuk pasar. Sangat2 professional.

Salah satu contohnya adalah produk lipstick. Sebelum dipacking, lipstick ini harus melalui test kekerasan. Apabila terlalu lembek atau terlalu keras, maka dia tidak diolah kembali tapi langsung dipatahkan dan dibuang. Ada juga satu metode flambir yaitu suatu proses untuk membuat lipstick mengkilap.

Melihat proses ini, aku jadi makin percaya kalo tidak semua produk yang mahal itu pasti bagus, sebaliknya, tidak semua yang terjangkau itu kualitasnya dibawah produk mahal. Ini terbukti setelah aku melihat sendiri proses di factory Viva tersebut. Again, sangat2 professional dan nggak kalah dengan produk2 import.

Setelah melihat proses pembuatan dan pengepakan, kita pindah ke ruang stockase. Disana terdapat rak2 yang sudah diberi label nama produk dan produk2 nya pun tersusun rapi sesuai label. Kita boleh mencoba tester dari produk2 tersebut. Ini bener2 berasa kaya masuk ke toko kosmetik besar. Kayanya aku sanggup abisin waktu berjam-jam disitu buat cobain produk2nya. Sayangnya, the show must go on. ☹

Dari ruang stockase? Kita diajak ke gudang yang isinya produk2 yang telah dikemas di dalam box2 dan siap dikirim ke toko dan agen2 Viva. Pada box tersebut ada label putih dan hijau. Label hijau menandakan produk tersebut siap di kirim, sedangkan label putih masih harus melalui proses pengecekan.

Kegiatan factory tour ini cukup melelahkan karena kita berkeliling2 naik turun tangga da  hawanya lagi panas terik. Sedangkan di factory tersebut tidak ada AC karena produk harus diproses di suhu tertentu. Untungnya baju yang aku pakai tidak terlalu tebal jadi aku ngga sampai berkeringat.

Sebelum kembali ke Hall, kita sempat berfoto bersama di depan lobby PT. Vitapharm. Namanya beauty blogger, dimana ada kamera pasti otomatis pose cantik meskipun udah kepanasan. 😂😂😂


BEAUTY INSIGHT

After foto bersama, kita kembali naik ke lantai 3 untuk mengikuti acara selanjutnya. Tiba di Hall, di meja kita masing2 sudah tersedia satu set make up, brush set, mini skin care set yang semuanya adalah produk dari Viva Cosmetic. Wowwww 😍😍😍😍. Tanganku langsung otomatis ambil kamera dan foto2 semua produk di meja. Beauty blogger alert! 😂












GAMES

Acara berikutnya adalah games. Masih berhubungan dengan make up, games kali ini diikuti oleh 5 team yang terdiri dari 2 orang. Satu orang harus merias orang satunya hanya dengan menggunakan 6 buah make up. Dan hanya diberi waktu 5 menit saja.





Di team Surabaya Beauty Blogger, kita diwakili oleh Claresta dan Fio, duo sister yang akhirnya menjadi juara pertama dengan karyanya berjudul "How to look fabulous with make up sak onok e". Don't ask! 😂😂😂






Dan ini hasil make up dari Claresta.... taraaaaa...




Selesai games, sesi berikutnya adalah beauty class yang dipandu oleh Ibu Yustine selaku beautician dari Viva Cosmetic. Sebelum memulai beauty class, beliau menjelaskan tentang jenis2 kulit, penyebab2 kerusakan kulit, hingga cara dan tahap2 perawatan kulit yang benar.






















BEAUTY CLASS

Setelah penjelasan dari Ibu Yustine, kita akan memulai beauty class. Pada sesi ini kita diminta menggunakan semacam apron berwarna merah supaya baju kita tidak kotor oleh make up yang akan kita gunakan. Lalu kita juga menggunakan hair band agar rambut kita tidak mengganggu.

Selanjutnya kita diminta melakukan tahap2 seperti berikut :
~ make up remover yang dicampur dengan toner untuk menghapus make up pada mata dan bibir.
~ milk cleanser untuk menghapus seluruh make up di wajah dan dilanjut kembali dengan toner untuk menghapus sisa2 residu yang tertinggal.
~ skin food digunakan pada kelopak mata dan bibir sambil diratakan.
~ massage cream dioleskan ke seluruh wajah lalu kita diajarkan cara masaage wajah mulai dari dagu, pipi, dahi, daerah mata hingga leher.
~ kembali dibersihkan dengan toner untuk mengangkan sisa2 massage cream.
~ masker dioleskan merata ke seluruh wajah, didiamkan selama 5 menit lalu diangkat dengan menggunakan spons dan air.
~ moisturizer dioleskan secara merata ke wajah agar wajah tidak kering dan make up lebih menempel.




Setelah melalui tahap tersebut kulit berasa sangat bersih dan fresh. Lalu tiba waktunya kita memulai make up class yang nantinya akan dipilih 3 orang juara dengan make up terbaik.



Ibu Yustine memberi instruksi cara membentuk alis yang benar, bagaimana mengaplikasikan eyeshadow, shading dalam, shading luar dan blush on. Setelah itu kita boleh bebas ber make up sesuai karakter kita masing2. Aku pribadi suka make up yang warna nya natural dengan eyeliner tipis dan lipstick nude. And here's my make up look. Bagus nggak? 😁





Untuk make up challenge ini salah satu pemenangnya juga masih satu meja dengan aku yaitu Aiyuki. Zhe deserve it!!! Dia suka make up ala japan dan sesuai namanya. She looks and dresses like a japanese girl. One of the super talented girl in Surabaya Beauty Blogger. 😍




LUNCH BREAK

Setelah acara beauty class berakhir, kita masuk di sesi makan siang. Semua udah pada lapar dan waktu juga sudah nunjukin jam 1 siang. So here's our lunch. Nasi campur Bu Rudi plus es buah segar yang cocok banget dinikmati di siang hari yang panas.





Saat makan siang, tiba2 MC mengumumkan bahwa pada hari itu adalah tepat hari ulang tahun multimedia online Viva cosmetics yang ke 6. Beberapa orang dari team multimedia online membawa kue tart dengan lilin angka 6 ke depan dan kita semua ikut merayakan dengan menyanyikan lagu Happy Birthday dan menyaksikan acara tiup lilin dan potong kue oleh Pak Chandra selaku pimpinan Multimedia Online Viva bersama seluruh team. Happy Birthday!!!!! 🤗



Kita juga sempat berfoto2 ria setelah makan siang. Dan inilah keceriaan para beauty blogger setelah kenyang 😂😂😂






BEAUTY WORKSHOP

After lunch, kita masuk pada sesi terakhir yaitu sesi blogging & photography workshop dengan tema "How to be a Good Beauty Blogger" yang dipimpin oleh Moch Rizky, atau yang dikenal dengan panggilan kak Moch. Beliau adalah seorang professional photographer yang sudah berpengalaman dan hasil fotonya bagus2 banget.



Kak Moch memberi judul workshop ini dengan nama "Beauty Blogger 101". Dimana ada 10 syarat yang harus dimiliki untuk menjadi beauty blogger yang baik, yaitu :

1. Suka menulis tentang kecantikan.
2. Senang berbagi info yang menyenangkan.
3. Bisa make up sendiri.
4. Me-review produk kecantikan dengan benar.
5. Membangun networking yang luas.
6. Mau terus belajar.
7. Menguasai technologi informasi.
8. Kenali banyak merk kosmetik/make up.
9. Jadilah diri sendiri.
10. Paham foto dan videografi.

Dari seluruh pembahasan yang dijelaskan oleh kak Moch, satu hal yang aku selama ini salah adalah tentang twitter. Aku berpikir jaman sekarang adalah jaman instagram dan twitter sudah mulai ditinggalkan, tapi ternyata kak Moch berkata bahwa justru blogger sejati aktif di twitter. So, aku bakal aktifin kembali twitter account aku yang udah lama aku tinggalin. Thanks for the advise kak Moch. 😇

Setelah membahas tentang blogging, kak Moch menjelaskan tentang photography. Karena ini adalah hal yang sangat mendukung tulisan kita sebagai seorang blogger. Yang harus kita perhatikan dalam photography diantaranya adalah :

~ komposisi warna
~ aksesoris pendukung
~ pencahayaan
~ background/alas foto
~ ciri khas personal

Selain foto produk, kak Moch juga mengajarkan teknik foto selfie. Salah satu challenge nya adalah menemukan gaya atau ciri khas kita saat kita melalukan selfie. 3 orang peserta diberi kesempatan membuat foto selfie di depan ring light.









Sesi terakhir ini adalah sesi favourite aku banget karena aku baru blogger pemula dan aku butuh banyak belajar untuk jadi lebih baik lagi, baik dari tulisan maupun foto. So, workshop ini super duper berguna banget buat bekal aku ke depan. Viva knows my needs too well! 😍😍😍

Pada akhir workshop, kak Moch juga memberi kesempatan kepada yang mau bertanya tentang blogging & photography. Oya, satu yang aku lupa sebutin, Kak moch juga memberi challenge2 kepada peserta yang aktif berpartisipasi selama workshop dan hadiahnya adalah coklat. Yummmm...


CLOSING

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang doorprize yang salah satunya dimenangkan oleh Redha. Congratz!!!!



Dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan kak Moch dan team dari Viva Cosmetic. Here we are.....





Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 4 sore, tiba waktunya kita pulang. Di pintu keluar kita dibagikan goodie bag berisi produk terbaru Viva yaitu Perfect Series. Trus aku juga dapet hadiah tambahan karena ikut partisipasi di sesi Q&A.





Untuk detail dan review tentang isi goodie bag ini akan aku review di blogpost selanjutnya ya. Karena ini udah panjang bangetttt. 😂😂😂. Semoga kalian nggak bosen baca postingan aku yang super panjang ini. Tanganku juga sudah mulai lelah. Time to end this post.

Buat kalian yang mau tau lebih banyak tentang produk2 dari Viva Cosmetic, kalian bisa cek link dibawah ini. Atau kalian juga bisa order online melalui website.

IG : @Viva.Cosmetics
FB : Viva Cosmetics
Twitter : @VivaCosmetics
Website : www.vivacosmetic.com
www.myRed-A.com (Red-A Cosmetic)

Dan buat kalian yang ada di Surabaya, produk Viva Cosmetic bisa kalian dapatkan di toko2 dibawah ini :

Toko Sehat Pucang
Jl. Pucang Anom 26

Bilka
Jl. Ngagel Jaya Selatan

Murah Blauran
Pasar Blauran Baru lt 1 no B1

Toserba Palapa
Jl. Adityawarman no 47

Carrefour BG junction
Jl. Bubutan no 01-07

Carrefour Pondok Candra
Jl. Wadung Asri I, Waru, jl. Rungkut Menanggal Raya

Giant Diponegoro
Jl. Diponegoro

Carrefour ITC
Jl. Pasar Atom

Rungkut Jaya MM
Jl. Raya Rungkut Kidul Industri 44

Tunjungan Plaza III
Jl. Basuki Rahmat lt 2

Sri Rejeki
Jl. Kranggan no 57

Giant Maspion
Jl. Margorejo Indah

Vanilla
Jl. Raya Darmo Indah Timur blok G/47

Toko Laris Pasar Turi
PGS lt 1, C3 no 5-6

Bares Jaya
Pasar Pacar Keling blok LA 84

Toko Jawa Timur JMP
JMP lantai dasar 3A, jl. Rajawali

Toko Saudara
Pasar Atum tahap I, lt 1 no 1175

Toko Nurila
DTC wonokromo LDA no 599

Delta Plaza
Depan Lion Superindo lt 1

Hypermart Ciputra World
Jl. Mayjend Sungkono kavling 87-89

Hypermart PTC
Jl. Pakuwon

Toko Rahayu
Jl. Manukan Tengah 5H no 13

Counter ITC
Jl. Gembong no 20-30

Toko Podo Joyo
Jl. Raya Simo Gunung 5A

Hypermart Royal Plaza
Jl. Ahmad Yani

VIVA BEAUTY CENTER
Jl. WR. Supratman no 37
Surabaya
(031) 5676033

Jl. MH. Thamrin no 63
Semarang
(024) 3552361

Ruko Boulevard Hijau Blok C5 no 29
Kota Harapan Indah
Bekasi
(021) 88387122 / 88387123

Aku mau ngucapin a big thank you kepada Viva Cosmetic yang sudah mengundang Surabaya Beauty Blogger di acara factory visit yang super duper amazing ini. Semua kegiatan nya seru dan berguna banget. Ini bakal jadi sweet memories buat aku dan jujur, this is the best and the longest beauty event I've ever had. So honour to be a part of it. Thank you for having me Viva Cosmetic. Tetap berkarya dan berjaya buat PT. VITAPHARM. Cheerssss 🥂







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW 2 MASKER TERBARU DARI SCARLETT WHITENING (HERBALISM MUGWORT MASK & SERIOUSLY SOOTHING & HYDRATING GEL MASK)

Hi Girls, Kalo pas musim hujan gini emang bikin kita jadi lebih mageran dan males buat keluar rumah. Bawaannya pingin me time dan nyantai di...